TINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA STIUDA, HMP ADAKAN SEKOLAH TAKHRIJ HADIS

 

Doc:hmpiahstiuda

Himpunan mahasiswa program studi ilmu Al-Qur'an dan tafsir, dan ilmu hadis STIU Darussalam (HMP IAH STIUDA ) Bangkalan. Mengadakan Sekolah tahkrij hadis ke-2 pada hari Selasa 04/01/22,. Di gedung auditorium pondok pesantren darussholah Pakong, Modung, Bangkalan.

Sekolah takhrij ini di adakan selama dua kali pertemuan, yang pertama takhrij hadis berbasis manual diisi oleh saudara Riko Saputra mahasiswa semester 7 dan yang kedua takhrij hadis berbasis digital yang diisi oleh saudara Habibullah sebagai Kementerian keagamaan BEM STIUDA.

Hoiri selaku penanggung jawab keilmuan HMP IAH STIUDA di putra. Bertujuan, Diadakannya sekolah takhtij ini "agar nanti teman teman mahasiswa prodi ilmu hadis khususnya tidak kesulitan dalam mentakhtij suatu hadis dan bisa mengetahui kualitas dan kesahihan hadis, syukur-syukur nanti mahasiswa STIUDA hebat dalam mentakhrij hadis apa lagi STIUDA ini sampai menjadi pusat keilmuan di bangkalana", Celetusnya.

Doc: hmpiahstiuda

Karena hadis itu merupakan pedoman kedua setelah Al-Qur'an. Maka upaya kami dan bentuk ikhtiar dalam meneliti sebuah hadits, sangat penting rasanya belajar takhrij hadis ini, Karena tidak semua hadits itu sahih, dan tidak semua hadits ini dapat dijadikan hujjah. Maka, sekolah takhrij ini salah satu cara mahasiswa khususnya untuk mengetahu kesahihan hadits yang benar benar baik dan shahih.

Senada dengan apa yang diupayakan oleh ketua umum HMP IAH STIUDA saudara Hasani. Jugak berpesan,"mahasiswa stiuda harus tetap semangat menjadi mahasiswa stiuda baik itu prodi IQT (ilmu Al-Qur'an tafsir) maupun IH (ilmu hadis) pantang menyerah dan putus asa selagi tidak lulus dari kampus STIUDA ini". Ungkapnya.

Sebagai pemungkas dari adanya sekolah takhrij hadis kali ini, diadakan foto bersama antara pemateri dan peserta dan jugak pengurus HMP IAH STIUDA, sebagai bentuk dokumentasi terlaksana sekolah takhrij ini.


Oleh: Hoiri

1 komentar untuk "TINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA STIUDA, HMP ADAKAN SEKOLAH TAKHRIJ HADIS"

Posting Komentar